Cara Pemakaian Aplikasi Customer Care

Pada aplikasi Customer Care ini terdapat 3 jenis pengguna yang dapat login pada aplikasi ini yaitu:

  • Customer
  • Teknisi
  • Admin

Pertama-tama customer login terlebih dahulu jika customer belum memiliki akun customer dapat melakukan pendaftaran pada tombol mendaftar.


Pada halaman utama tekan menu Login, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Apabila login berhasil maka halaman akan menuju ke halaman dashboard customer. Kemudian customer dapat melakukan order perbaikan. Misalnya kerusakan. “Kamera CCTV Tidak Menyala” untuk ordernya buka menu Order Perbaikan. Lalu isikan keluhannya dan klik tombol Booking.

Apabila customer menekan tombol booking maka teknisi akan mendapatkan notifikasi adanya pekerjaan baru, seperti gambar dibawah ini.

Kemudian teknisi memeriksa order tersebut pada menu Perbaikan dan klik tombol lihat

Sehingga akan muncul tampilan detail keluhan customer juga informasi profil pengguna termasuk no hp yang dapat dihubungi oleh teknisi.

 

Apabila teknisi sudah siap untuk memperbaiki kerusakan yang dikeluhkan oleh pengguna. Maka teknisi tersebut harus menekan tombol Perbaiki dan segera melakukan perbaikan yang diinginkan oleh customer.

Apabila perbaikan telah selesai maka teknisi melakukan proses penyelesaian perbaikan dengan menekan menu Proses Perbaikan dan mengisikan keterangan sebuah catatan penyebab kerusakan dan alat apa saja yang diganti. Catatan dari teknisi ini hanya ditujukan pada Admin agar admin dapat membuatkan invoice. Setelah pekerjaan benar-benar selesai dan catatan sudah diisi selesaikan dengan menekan tombol Beres.

 

Setelah teknisi menyelesaikan pekerjaannya maka admin dapat membuatkan invoice yang ditujukan kepada customer. Dengan cara login dengan akun admin dan klik pada menu Perbaikan dan kemudian tekan lihat.

Maka akan muncul halaman detail yang berisi info keluhan customer, info profil customer, dan info teknisi yang memperbaiki juga catatan dari teknisi.

Dan lakukan scroll kebawah admin dapat membuatkan invoice yang ditujukan pada customer yang kerusakannya telah diperbaiki. Buat invoice dengan mengisikan jatuh tempo pembayaran. Isi nama produk atau jasa perbaikan beserta jumlah dan harga. Setelah itu klik tombol Create untuk mengirim pada customer. Maka status akan berubah jadi Invoice

Maka pada halaman dashboard customer akan muncul invoice tersebut dengan klik pada menu Laporan Perbaikan dan Lihat

Maka akan terlihat tampilan invoice, untuk customer melakukan pembayaran, apabila customer sudah melakukan pembayaran, kemudian customer melakukan klik pada Konfirmasi pembayaran untuk memberitahukan kepada admin bahwa invoice telah dibayar.

Lalu kembali pada dashboard admin untuk melakukan penyelesain order. Pada menu Perbaikan dan Lihat agar muncul tampilan invoice yang sudah dibayar. Dan admin memeriksa apakah invoice benar-benar telah dibayar, apabila sudah yakin tekan tombol Selesai untuk melakukan penyelesaian order.

___END___